SISTEM INFORMASI
EKSEKUTIF
EKSEKUTIF
Ø Istilah
“eksekutif” seringkali digunakan untuk mengidentifikasi manajer pada tingkat
atas dari hierarki organisasi yang berpengaruh kuat pada perusahaan dan
terlibat dalam perencanaan strategis dan menetapkan kebijakan perusahaan.
Ø Eksekutif
sering dibedakan dari manajer tingkat
rendah melalui sikap mereka. Eksekutif tersebut lebih berorientasi pada
perusahaan dan kesejahteraan perusahaan daripada unit-unit individual di dalam
perusahaan. Bukan berarti semua manajer tingkat rendah cenderung mengutamakan
kesejahteraan unit merek sendiri.
Menurut
Henry Fayol, Henry Mintzberg, dan John Kotter mengenai apa saja yang dilakukan
eksekutif antara lain:
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
FAYOL
þ Semua
manajer melakukan fungsi manajemen yaitu merencanakan, mengorganisasikan,
menyusun staf, mengarahkan, dan mengendalikan.
þ Perencanaan
sangat ditekankan pada tingkat eksekutif, sementara fungsi-fungsi lain lebih
penting bagi kinerja di tingkat-tingkat yang lebih rendah.
þ Menurut
Robert Anthony disebut dengan istilah sistem perencanaan strategis untuk
kegiatan para manajer puncak.
PERAN-PERAN MANAJERIAL
MINTZBERG
o Semua
manajer memiliki peran, akan tetapi orientasinya berbeda untuk tiap tingkatan.
o Salah
satunya adalah peran keputusan adalah perunding (negotiator), dimana seorang manajer puncak merundingkan
penggabungan usaha (merger), dan
manajer tingkat rendah yang merundingkan tanggal pengiriman dengan pemasok.
Keduanya berunding, tetapi orientasinya berbeda.
Gambar 10.1 Perusahaan tanpa Sistem Informasi Eksekutif
Gambar 10.2 Perusahaan dengan Sistem Informasi Eksekutif
AGENDA DAN JARINGAN
KOTTER
A Menurut
Profesor John P. Kotter dari Harvard, terdapat tahapan-tahapan para eksekutif
dalam mengatasi tantangan pekerjaan yaitu:
1. Menetapkan
agenda, yaitu tujuan yang harus dicapai perusahaan. Agenda jangka panjang
berupa perkiraan, seperti gagasan umum mengenai jenis produk yang harus dijual
perusahaan dalam lima, sepuluh atau dua puluh dari sekarang. Agenda jangka
pendek lebih spesifik, seperti pangsa pasar yag harus dicapai oleh tiap produk
perusahaan saat ini.
2. Membangun
jaringan, yaitu hubungan kerjasama diantara orang-orang yang harus menyelesaikan agenda tersebut. Ratusan atau
ribuan anggota jaringa dapat ditemukan di dalam maupun di luar perusahaan.
3. Menetapkan
lingkungan norma dan nilai yang tepat,
yaitu dengan tujuan agar para anggota jaringan dapat bekerja mencapai agenda
itu. Eksekutif mengadakan kontak tatap muka dengan sebanyak mungkin anggota
jaringan tetapi berkonsentrasi pada bawahan.
BERPIKIR-NYA EKSEKUTIF
Æ Profesor
Daniel J. Isenberg dari Harvard meneliti proses berpikir lebih dari selusin
eksekutif selama dua tahun untuk mendapatkan pandangan mengenai apa yang
dipikirkan eksekutif dan bagaimana pikiran mereka.
APA YANG DIPIKIRKAN
EKSEKUTIF?
a Isenberg
menemukan bahwa eksekutif berpikir mengenai dua kelompok umum masalah,
bagaimana membuat sesuatu dilaksanakan dan bagaimana menangani sejumlah kecil
masalah utama atau sasaran umum. dalam hal ini eksekutif lebih memperhatikan
hal-hal organisasional dan pribadi dalam mendapatkan bawahan untuk memecahkan
suatu masalah daripada apa pemecahan spesifik itu nantinya.
PROSES BERPIKIR SAAT
MEMECAHKAN MASALAH
x Eksekutif
memang membuat keputusan rasional, tetapi keputusan tersebut mungkin tidak
selalu merupakan hasil dari mengikuti serangkaian langkah-langkah yang
terdefinisikan secara baik dalam urutan yang sama.
x Isenberg
yakin bahwa eksekutif menggunakan intuisi pada tiap langkah dari proses
pemecahan masalah. Intusisi mungkin memainkan peranan yang lebih penting pada
tingkat eksekutif daripada di tingkat lain karena sifat masalah yang tidak
terstruktur dan juga luasnya pengalaman eksekutif yang dapat diterapkan.
KEBUTUHAN INFORMASI
EKSEKUTIF YANG UNIK
Terdapat
sejumlah penelitian mengenai penggunaan informasi oleh eksekutif, antara lain:
o PENELITIAN
MINTZBERG
^ Lima
kegiatan dasar yang membentuk waktu CEO, yaitu tugas administrasi (desk work), panggilan telepon, pertemuan
tak terjadwal, pertemuan tak terjadwal, pertemuan terjadwal, dan kunjungan.
^ Mintzberg
menekankan peran sistem informal yang menkomunikasikan informasi lisan, dan
menyimpulkan, “Tampaknya lebih penting bagi manajer untuk mendapatkan
informasinya secara cepat dan efisien daripada mendapatkannya secara formal.”
^ Penelitian
Mintzberg memiliki nilai saat kita memikirkan rancangan CBIS modern.
Gambar 10.3 Cara Para CEO Mintzberg menghabiskan waktunya
o PENELITIAN
JONES DAN MCLEOD
ï Para
eksekutif tersebut mencakup CEO suatu rangkaian toko pengecer, CEO suatu bank,
presiden direktur suatu perusahaan asuransi, wakil presiden direktur keuangan,
dan wakil presiden direktur perpajakan. Penelitian ini dirancang untuk menjawab
pertanyaan:
1.
Berapa banyak informasi
yang dicapai eksekutif?
2.
Apa nilai informasi
tersebut?
3.
Apa sajakah sumber
informasi tersebut?
4.
Media apa yang
digunakan untuk mengkomunikasikan informasi itu?
5.
Apa kegunaan informasi
tersebut?
Jawabannya adalah:
Berapa banyak informasi yang dicapai
eksekutif? Selama jangka waktu dua
minggu,
para eksekutif dan sekretaris mereka telah mencatat 1.454 transaksi
informasi
yang mengalir ke eksekutif. Eksekutif menerima rata-rata 29 transaksi
informasi
per hari.
Apa nilai informasi tersebut? Eksekutif memberikan nilai yang
sangat rendah pada
26% transaksi nol (nilai
yang paling sering diberikan), satu atau dua. Pada ekstrim
yang lain, hanya 6%
transaksi yang mendapatkan nilai 9 atau 10 dari para eksekutif.
Terdapat pula variasi
dalam tingkat nilai yang diberikan oleh tiap eksekutif, berkisar
dari rata-rata 2,9 untuk
wakil presiden direktur perpajakan hingga 5,5 untuk CEO
bank.
Apa sajakah sumber informasi itu? Pada Gambar 16.6 lingkungan
perusahaan
digambarkan oleh
segiempat di sebelah kiri garis putus-putus. Sumber intern ada di
sebelah kanan garis itu.
Lingkungan menyediakan volume terbesar, tetapi juga
menyediakan informasi
dengan nilai rata-rata terendah. Sebaliknya sumber yang
menyediakan volume
paling sedikit adalah komite, tetapi mereka menyediakan
informasi dengan nilai
tertinggi. Dua tingkat yang langsung di bawah eksekutif
menyediakan informasi
terbaik dalam hal volume dan nilai yang tinggi.
Media apa yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi eksekutif?
Media tertulis mencapai
61% dari jumlah transaksi, akan tetapi ada 3 media yang
paling sedikit digunakan
oleh eksekutif antara lain: surat, memo dan panggilan telepon
mencapai 60% transaksi.
Apa kegunaan informasi itu? 6% transaksi tidak dapat
diidentifikasikan dengan peran apapun. Perbandingan
dengan nilai rata-rata yang jauh lebih tinggi untuk
entrepreneur (4,8), Resource Allocator (4,7), Disturbance
handler (4,6), dan
Negotiator
(3,8). Jika eksekutif tidak dapat mengasosiasikan sepotong informasi
dengan
suatu peran, informasi itu diberikan suatu nilai yang rendah.
ï Berikut
3 temuan penelitian yang menonjol, yaitu:
§ Sebagian
besar informasi eksekutif berasal dari sumber daya lingkungan, tetapi informasi
intern diberi nilai lebih tinggi.
§ Sebagian
besar informasi eksekutif berbentuk tertulis, tetapi informasi lisan diberi
nilai lebih tinggi.
§ Para
eksekutif mendapatkan sangat sedikit informasi langsung dari komputer.
Gambar 10.5 Sumber daya informasi yang sampai ke eksekutif
o PENELITIAN
ROCKART DAN TREACY
Þ Dalam penelitian
Mintzberg dan penelitian John Rockart dan Michael Treacy mengenai penggunaan
komputer oleh eksekutif di 16 perusahaan, sedikitnya satu dari tiga puncak
paling sering CEO menggunakan sendiri komputer.
Þ Istilah Sistem Informasi Eksekutif (EIS) pertama kali muncul dalam laporan penelitian Rockart dan Treacy, Sistem
Informasi Eksekutif tersebut menampilkan:
©
Tujuan Sentral :
Eksekutif menggunakan informasi komputer terutama dalam perencanaan dan
pengendalian.
©
Inti Data Bersama : Database berisi informasi mengenai
berbagai industri, pelanggan, pesaing dan unit-unit bisnis dalam tiga periode
waktu (masa lalu masa kini dan masa depan).
©
Dua Metode Penggunaan
Utama : Eksekutif menggunakan EIS untuk mengakses
status saat ini dan memproyeksikan trend
serta melakukan analisis pribadi atas
data.
©
Organisasi Pendukung :
Para eksekutif dibantu oleh pelatih EIS dan sopir EIS. Pelatih EIS adalah
anggota staf eksekutif, jasa informasi, atau organisasi konsultasi luar yang
menyediakan bantuan dalam memulai sistem, sedangkan Sopir EIS adalah anggota
staf eksekutif yang mengoperasikan peralatan bagi eksekutif.
Þ Penelitian
Rockart dan Treacy menyoroti kenyataan bahwa penggunaan komputer
tidak di bawah martabat eksekutif.
PENYATUAN
KONSEP-KONSEP MANAJEMEN
§ D.
Ronald Daniel dari MicKinsey & Company menciptakan konsep faktor-faktor
penentu keberhasilan (critical success factor), kegiatan kunci atau CSF yaitu, menentukan keberhasilan atau
kegagalan segala jenis organisasi dan CSF bervariasi dari satu perusahaan ke
perusahaan yang lainnya.
§ Contoh
pada perusahaan bermotor adalah CFS diyakini adalah model, jaringan dealer yang
efisien, dan pengendalian manufaktur yang ketat. Contoh lain pada industry
asuransi jiwa adalah pengembangan personil manajemen agen, pengendalian
personil administratif, dan inovasi dalam menciptakan produk-produk asuransi.
§ Faktor-faktor
penentu keberhasilan menggunakan EIS, antara lain:
o
Management
By Exception : digunakan eksekutif untuk
menyertakan management by exception dengan membandingkan kinerja yang
dianggarkan dengan kinerja actual.
o
Model
Mental : peran utama EIS adalh membuat
sintesis, atau menyarikan data dan informasi volume besar untuk meningkatkan
kegunaannya. Pengambilan sari ini disebut pemampatan
informasi (information compression)
dan menghasilkan suatu gambaran atau model
mental, dan operasi perusahaan. Model mental yaitu memungkinkan perorangan
untuk membuat penilaian perkiraan dan untuk memahami fenomena untuk memutuskan
tindakan yang perlu diambil untuk mengendalikan pelaksanaannya. CBIS adalah
suatu model mental, demikian pula tiap subsistemnya, EIS merupakan model mental
yang paling menarik dan berharga bagi eksekutif.
KEPUTUSAN
PENERAPAN EIS
Perangkat
Lunak Produktivitas Perorangan Siap Pakai
a Adalah
perangkat lunak umum yang dapat digunakan oleh setiap orang untuk mengembangkan
aplikasi mereka sendiri. Contohnya: DBMS, paket spreadsheet elektronik, paket
grafik, dan sistem manajemen proyek.
Perangkat
Lunak EIS Siap Pakai
Æ Perangkat
tersebut khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi eksekutif. Sistem
tersebut biasanya menyediakan pemampatan informasi dan kemampuan drill-down. Contohnya adalah sistem
mainframe, dan perintis yaitu Pilot Executive Software Inc. dari Boston dan
Comshare, Inc. dari Ann Arbor, Michign, sekarang perangkat lunak EIS siap pakai
tersedia untuk segala jenis komputer, dan sebagaian besar paket diarahkaan pada
pemilik PC.
Æ Keuntungan
perangkat ini adalah:
o
Memungkinkan perusahaan
segera menjalankan sistem
o
Proyek penerapan EIS
tidak banyak membebani staf jasa informasi perusahaan
dibandingkan
jika mereka harus megembangkana EIS dari awal
o
Menawarkan kesempatan
yang baik untuk digunakan kekurangannya mungkin berupa ketidakmampuan untuk
menyesuaikan sistem dengan kebutuhan-kebutuhan eksekutif tertentu
Perangkat
Lunak EIS Pesanan
A Contohnya
adalah sistem MIDS (Management Information and Decision Support) yang
diterapkan oleh Lockheed-Georgia
A Manajer
data adalah orang-orang yang pakar mengenai data yang ditampilkan
FAKTOR-FAKTOR
PENENTUAN KBERHASILAN EIS, YAITU:
Ô Sponsor
eksekutif yang mengerti dan berkomitmen
Ô Sponsor
operasi
Ô Staf
jasa informasi yang sesuai
Ô Teknologi
informasi yang sesuai
Ô Manajemen
data
No comments:
Post a Comment